Yazhid Blog

.

Selasa, 28 April 2015

makalah alat tubex

BAB I PENDAHULUAN A.     LatarBelakang T ubex TF  (IDL biotek, Bromma, Swedia) adalah aplikasi pertama di atas sistem diagnostik. Me... thumbnail 1 summary
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang
Tubex TF  (IDL biotek, Bromma, Swedia) adalah aplikasi pertama di atas sistem diagnostik. Menggunakan anti-O9 mAb (3h 1) untuk mendeteksi tipus, dan hasil yang akan dinilai terhadap sebuah diagram warna dengan skala dari 0 sampai 10 (Skor '0', negatif dan paling merah; Skor '10', paling positif dan paling biru). Wajar kepekaan (75–90%) dan kekhususan (70–97%) telah diamati [12] – [17].
Testubexmerupakantesaglutinasikompetitif semi kuantitatif yang sederhana dan cepat (kuranglebih 2 menit) dengan menggunakan partikel yang berwarna untuk meningkatkan sensitivitas.Spesifisitas ditingkatkan dengan menggunakan antigen O9 yang benar-benar spesifik yang hanya ditemukan pada Salmonella serogrup D. Tesini sangat akurat dalam diagnosis infeksi akut karena hanya mendetek siadanya antibodi IgM dan tidak mendeteksi antibodi IgG dalam waktu beberapa menit.
Walaupun belum banyak penelitian yang menggunakan tes tubex ini, beberapa penelitian pendahuluan menyimpulkan bahwa tes ini mempunyai sensitivitas dan spesifisitas yang lebih baik dari pada uji Widal.
B.     RumusanMasalah
1.      Apapengertiandaritubex?
2.      Bagaimanametodedanprinsipkerjatubex?
3.      Bagaimanacarakerjatubex?
4.      Bagaimanacaramembacatubex?
5.      Apakeunggulantubex?
C.    Tujuan
1.      Untukmengetahuipengertiandaritubex.
2.      Untukmengetahuimetodedanprinsipkerjatubex.
3.      Untukmengetahuicarakerjatubex.
4.      Untukmengetahuimembacatubex.
5.      Untukmengetahuikeunggulantubex.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    PengertianTubex
Tubex merupakan alat diagnostik demam tifoid yang diperoduksi oleh IDLBiotech, Sollentuna, Sweden.Tes ini sangat cepat 5-10 min, simpel, dan akurat.Tes tubex ini menggunakan sistem pemeriksaan yang unik dimana tes ini mendeteksi serum antibody immunoglobulin M (Ig M) terhadap antigen O9 (LPS) yang sangat spesifik terhadap bakteri salmonella typhi.
Pada orang yang sehat normalnya tidak meiliki Ig M anti-O9 LPS.
Padabagianini yang akandijelaskanadalah pengunaandari anti-O9 s.typhi.
B.     MetodedanPrinsipKerjaTubex

Metode dari tes tubex ini adalah mendeteksi antibody melalui ke mampuannya untuk memblok ikatan antara reagent monoclonal anti-O9 s.typhi(antibody-coated indicator particle) dengan reagent antigen O9 s.typhi (antigen-coated magnetic particle) sehinggat erjadi pengendapan dan pada akhirnya tidak terjadi perubahan warna.
Prinsip kerja dari tes tubex yaitu ketika partikel magnet yang diselimuti oleh antigen (s.typhi LPS) dicampurkan dengan blue latexantibody-coated indicator particle yang diselimutioleh anti-s typhi LPS (O9) antibody,makakeduajenispartikeliniakanberikatansatudengan yang lain. Ketikapadaakhir eksperimentabungberbentuk V tempatterjadinya proses reaksidiatasdiletakandiatasmagnet stand makaantigen-coated magnetic particleakantersedimentasidibawatabung. Begitujugablue latek particleyang telahberikatandengan antigen-coated magnetic particle akanikuttersedimentasipadabagianbawahtabung. Sehinggaterjadi perubahanwarnadaribirumenjadimerah. Hal inimenunjukantidakadanya anti-styphi O9 antibody pada serum milikpasiendanhasilreaksidikatakan negative (pasientidakterindikasimenderitademamtifoid).
Hasiltestubexakanbernilaipositif (pasienterindikasimenderitapenyakitdemamtifoid) apabilatidakterjadiperubahanwarna (tetapberwarnabiru). Hal inimenunjukanterdapatnya anti-s typhi O9 antibody yang mampumenghambatikatanantara antigen-coated magnetic particle denganblue latex antibody-coated indicator  particle.
Testubexmerupakantes yang subjektifdansemiquantitativedengancaramembandingkanwarna yang terbentukpadareaksidengantubexcolor scale yang tersedia. Range dari color scale adalahdarinilai 0 (warna paling merah) hingganilai 10(warna paling biru).


C.    Cara KerjaTubex
Cara kerjadaritestubexadalahsebagaiberikut :
a)         Masukkan 45µl antigen-coated magnetic particle (Brown reagent) pada reaction container yang disediakan (satu set yang terdiridarienamtabung berbentuk V)
b)        Masukan 45µl serum sampel (serum harusjernih), lalucampurkankeduanyadenganmenggunakan pipette tip
c)         Inkubasidalam 2 menit
d)        Tambahkan 90µl antibody-coated indicator particle (Blue reagent)
e)         Tutuptempatreaksitersebutdenganmenggunakan strip, laluubahposisitabungdarivertikalmenjadihorisontaldengansudut 90° Setelahitugoyang-goyangkantabungkedepandankebelakangsepertipadagambar 2selama 2 menit. Perlakuaninibertujuanutukmemperluasbidangreaksi.
f)         Padaakhir proses reaksiinitabungberbentuk V inidiletakkandiatasmagnet stand  laludiamkanselama 5 menituntukmembiarkanterjadi proses pemisahan (pengendapan). Pembacaanskorhasildarireaksiinidilakukandengancaramencocokkanwarna yang terbentukpadaakhir reaksidenganskor yang terterapada color scale.
                                                                                                                  
D.    Cara MembacaTubex
Adapuncaramembacatestubexadalahsebagai berikutmenurut IDL Biotech 2008:
1.     Nilai<2 menunjukannilai negative (tidakadaindikasidemamtifoid)
2.     Nilai 3 inconclusive score danmemerlukanpemeriksaanulang.
3.    Nilai 4 menunjukanpositiflemah
4.     Nilai>5 menunjukannilaipositif (indikasikuatterjadidemamtifoid).
 Nilaitubex yang menunjukannilai positive ditambahdengan symptom dansign yang sesuaidengangejalademamtifoid, merupakanindikasi yang sangatkuatterjadinyademamtifoid.
E.     KeunggulandanKekuranganTubex
Keunggulanpemeriksaantubex:
1.         Mendeteksisecaradiniinfeksiakutakibat Salmonella typhi, karena antibody IgMmunculpadaharike 3 terjadinyademam.
2.         Mempunyasensitivitas yang tinggiterhadapkuman Salmonella ( > 95 %)
3.         Hanyadibutuhkan sample darahsedikit
4.         Hasildapatdiperolehlebihcepat.
DenganpemeriksaantubexTF diharapkan diagnosis demam typhoid dapatditegakkanlebihdinisehinggapengobatan yang tepatdapatsegeradiberikan, dengandemikiandapatmenurunkanangkakematianakibatkompikasidemam typhoid.
Kekurangantubexadalahmudahterkontaminasidenganbakteridandapatmempengaruhihasilreaksikarenaadanya antibiotic.
                                                                                 

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
§  Tubexmerupakanalatdiagnostikdemamtifoid yang diproduksiolehIDLBiotech, Sollentuna, Sweden. Tesinisangatcepat 5-10min, simpel, danakurat.
§Testubex merupakantes yang subjektifdansemiquantitativedengancaramembandingkanwarna yang terbentukpadareaksidengantubexcolor scale yang tersedia. Range dari color scale adalahdarinilai 0 (warna paling merah) hingganilai 10(warna paling biru).












Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Recent Posts