Yazhid Blog

.

Selasa, 29 November 2016

JURNAL ISO/IEC 17025 Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi (Versi Bahasa Indonesia)

ISO/IEC 17025 (Versi Bahasa Indonesia) Edisi kedua 15-05-2005 Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laborato... thumbnail 1 summary
ISO/IEC 17025
(Versi Bahasa Indonesia)
Edisi kedua
15-05-2005

Persyaratan Umum Kompetensi
Laboratorium Pengujian dan Laboratorium
Kalibrasi



Daftar Isi 


Ruang lingkup.........................................................................................................................1

Acuan normatif........................................................................................................................2

Istilah dan definisi ...................................................................................................................2

Persyaratan manajemen.........................................................................................................2
Organisasi...............................................................................................................................2
Sistem manajemen.................................................................................................................4
Pengendalian dokumen..........................................................................................................5
Umum .....................................................................................................................................5
Pengesahan dan penerbitan dokumen...................................................................................5
Perubahan dokumen ..............................................................................................................5
Kaji ulang permintaan, tender dan kontrak.............................................................................6
Subkontrak pengujian dan kalibrasi........................................................................................7
Pembelian jasa dan perbekalan .............................................................................................7
Pelayanan kepada customer ..................................................................................................7
Pengaduan..............................................................................................................................8
Pengendalian pekerjaan pengujian dan/atau kalibrasi yang tidak sesuai..............................8
Peningkatan............................................................................................................................9
Tindakan perbaikan ................................................................................................................9
Umum .....................................................................................................................................9
Analisis penyebab...................................................................................................................9
Pemilihan dan pelaksanaan tindakan perbaikan....................................................................9
Pemantauan tindakan perbaikan............................................................................................9
Audit tambahan.......................................................................................................................9
Tindakan pencegahan ..........................................................................................................10
Pengendalian rekaman.........................................................................................................10
Umum ...................................................................................................................................10
Rekaman teknis ....................................................................................................................10
Audit Internal.........................................................................................................................11
Kaji ulang manajemen ..........................................................................................................11

Persyaratan Teknis...............................................................................................................12
Umum ...................................................................................................................................12
Personil.................................................................................................................................13
Kondisi akomodasi dan kondisi lingkungan..........................................................................14
Metode pengujian, metode kalibrasi dan validasi metode....................................................14
Umum ...................................................................................................................................14
Pemilihan metode .................................................................................................................15
Metode yang dikembangkan oleh laboratorium....................................................................15
Metode tidak baku.................................................................................................................15
Validasi metode ....................................................................................................................16
Estimasi ketidakpastian pengukuran ....................................................................................17
Pengendalian data................................................................................................................18
Peralatan...............................................................................................................................18
Ketertelusuran pengukuran ..................................................................................................20
Umum ...................................................................................................................................20
Persyaratan khusus..............................................................................................................20
Standar acuan dan bahan acuan..........................................................................................21
Pengambilan sampel ............................................................................................................22
Penanganan barang yang diuji dan kalibrasi........................................................................23
Jaminan mutu hasil pengujian dan kalibrasi.........................................................................23
Pelaporan hasil .....................................................................................................................24
Umum ...................................................................................................................................24
Laporan pengujian dan sertifikat kalibrasi ............................................................................24
Laporan pengujian................................................................................................................25
Sertifikat kalibrasi..................................................................................................................26
Opini dan interpretasi............................................................................................................26
Hasil pengujian dan kalibrasi dari subkontraktor..................................................................27
Pengiriman hasil secara elektronik.......................................................................................27
Format laporan dan sertifikat................................................................................................27
Amandemen laporan pengujian dan sertifikat kalibrasi........................................................27
Lampiran A (informatif) Acuan silang nominal ke ISO 9001:2000........................................................28

Lampiran B (informatif) Pedoman untuk menyusun persyaratan bidang khusus.................................30

Bibliografi...............................................................................................................................................31
iii


ISO/IEC 17025:2005 (versi Bahasa Indonesia)


Kata Pengantar

Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi ini diterjemahkanoleh   Komite   Akreditasi   Nasional   dari   ISO/IEC   17025:2005   (General   requirements   for   the
competence of testing and calibration laboratories).

Dokumen ini diterbitkan untuk digunakan sebagai persayaratan akreditasi laboratorium pengujian dan
laboratorium kalibrasi dalam sistem akreditasi laboratorium Komite Akreditasi Nasional.

Apabila  terdapat  keragu-raguan  dalam  memahami  dokumen  ini,  direkomendasikan  agar  mengacu
kepada dokumen ISO/IEC 17025 yang asli dalam Bahasa Inggris.


ISO/IEC 17025:2005 (versi Bahasa Indonesia)

Pendahuluan
Edisi  pertama  (1999)  Standar  Internasional  ini  diterbitkan  sebagai  hasil  dari  pengalaman  yang
ekstensif dalam implementasi ISO/IEC Guide 25 dan EN 45001 yang telah digantikan. Edisi pertama
tersebut  berisi  semua  persyaratan  yang  harus  dipenuhi  oleh  laboratorium  pengujian  dan  kalibrasi
apabila  mereka  ingin  mendemonstrasikan  bahwa  mereka  mengoperasikan  sistem  manajemen,
secara teknis competen, dan mampu menyajikan hasil yang secara teknis absah.

Edisi pertama mengacu lepada ISO 9001:1994 dan ISO 9002:1994. Standar-standar tersebut telah
digantikan  dengan  ISO  9001:2000  yang  menyebabkan  perlunya  menyelaraskan  ISO/IEC  17025.
Dalam edisi kedua ini, beberapa klausul telah diamandemen atau ditambah hanya apabila diperlukan
untuk menyelaraskan dengan ISO 9001:2000.

Badan   akreditasi   yang   mengakui   kompetensilaboratorium   pengujian   dan   kalibrasi   sebaiknya
menggunakan Standar Internasional ini sebagai dasar akreditasi mereka.

Perkembangan dalam penggunaan sistem manajemen, secara umum telah meningkatkan kebutuhan
untuk  memastikan  bahwa  laboratorium  yang  merupakan  bagian  dari  suatu  organisasi  yang  lebih
besar   atau   yang   menawarkan   jasa   lainnya   dapat   mengoperasikan   sistem   manajemen   yang
dipandang memenuhi persyaratan ISO 9001 serta memenuhi Standar Internasional ini. Beberapa hal
telah  dilakukan  untuk  memasukkan  persyaratan  ISO  9001  yang  relevan  dengan  lingkup  jasa
pengujian dan kalibrasi yang dicakup dalam sistem manajemen laboratorium.

Laboratorium pengujian dan kalibrasi yang memenuhi Standar Internasional ini juga akan beroperasi
sesuai dengan ISO 9001.

Kesesuaian   sistem   manajemen   mutu   sesuai   persyaratan   ISO   9001   yang   dioperasikan   oleh
laboratorium   tidak   dengan   sendirinya   mendemonstarasikan   kompetensi   laboratorium   dalam
menghasilkan data dan hasil yang secara teknis absah. Mendemonstrasikan kesesuaian ke Standar
Internasional ini juga tidak berati bahwa sistem manajemen mutu yang dioperasikan oleh laboratorium
memenuhi seluruh persyaratan ISO 9001.

Keberterimaan  hasil  pengujian  dan  kalibrasi  di  antara  negara-negara  sebaiknya  difasilitasi  apabila
laboratorium  memenuhi  persyaratan  Standar  Internasional  ini  dan  apabila  mereka  memperoleh
akreditasi dari lembaga yang telah bergabung dalam perjanjian saling pengakuan dengan lembaga-
lembaga yang sepadan di negara lain yang juga menggunakan Standar Internasional ini.

Penggunaan   Standar   Internasional   ini   dapat   memfasilitasi   kerjasama   antar   laboratorium   dan
lembaga-lembaga lainnya, dan membantu dalam pertukaran informasi dan pengalaman, dan dalam
harmonisasi standar dan prosedur.


UNTUK MELIHAT ISI JURNAL ISO/IEC 17025 (Versi Bahasa Indonesia) 
LIKE FANSPAGE FB YAZID BLOG ANALIS. KIRIM PESAN MELALUI FANSPAGE.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Recent Posts