Yazhid Blog

.

Rabu, 17 Mei 2017

MACAM DAN MANFAAT TRANSFUSI KOMPONEN TROMBOSIT

   
     
     TROMBOSIT
Pemberian trombosit sering diperlukan pada kasus perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan trombosit. Pemberian trombosit yang berulang – ulang dapat menyebabkan pembentukan trombosit antibody pada penderita. Transfuse trombosit terbukti bermanfaat menghentikan perdarahan karena trombositopenia. Komponen trombosit masa simpan 3 hari.
Indikasi pemberian trombosit :
Ø  Setiap perdarahan spontan atau suatu operasi besar dengan jumlah trombositnya kurang dari 50.000/mm3, misalnya perdarahan pada trombositopenia purpura, leukemia, anemia aplastic, demam berdarah dan apabila sumsum tulang karena pemberian sitostatika terhadap tumor ganas.
Ø  Splenektomi pada hipersplenisme penderita thalassemia maupun hipertensi portal juga memerlukan pemberian suspense trombosit prabedah.

Rumus pemberian trombosit :
BB X 1/13 X 0,3
Macam – macam sediaan trombosit :

a.      Trombosit Concetrat (TC)
Trombosit diberikan pada penderita yang mengalami gangguan jumlah atau fungsi trombosit. Komponen ini di dapat dari darah segar dengan metode pemutaran dengan waktu tertentu sehingga dapat konsetrat platelet yang volumenya 25 – 40 ml/kantong yang berisi minimal 70 – 80% dan beberapa sel darah merah yang tercantum di dalamnya bersama plasma. Trombosit disimpan pada suhu ruang 20 – 40 derajat C dalam waktu 58 hari dengan digoyang – goyang. Satu kantong TC biasanya akan menaikkan jumlah trombosit sebesar 9.000 – 11.000/mm3 luas badan. Sehingga untuk keadaan trombositopenia yang berat dibutuhkan sampai 8 – 10 kantong.
b.      Platelet Rich Plasma (PRP) / Plasma Kaya Trombosit

Platelet Rich Plasma (PRP)/ plasma kaya trombosit dibuat dengan cara pemisahan plasma dari darah segar. Volume PRP 150 – 200 ml/kantong. Penyimpanan pada suhu 34 derajat C selama 24 jam.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Recent Posts